Home » Blog » Ekspos Kesiapan Daerah Tertib Ukur

Ekspos Kesiapan Daerah Tertib Ukur

  2021-11-08 01:34:23       admin       181    

TANGERANG (SBN)-, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Ekspos Pengawasan Kemetrologian dalam rangka sosialisasi calon Daerah Tertib Ukur (DTU) tahun 2019. Kegiatan diselenggarakan di Grand Soll Marina Hotel, Jatiuwung, Kota Tangerang, Selasa (2/7/19).

Kepala Sub Direktorar Penegakan Hukum dan Bimbingan Operasional Kemetrologian pada Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan (Kemendag) Ake Erwan mengatakan, Kabupaten Tangerang merupakan daerah yang menjadi pilot project atau percontohan calon DTU bersama 13 daerah lainnya untuk tahun 2019.

Menurutnya, ada 7 tahapan yang harus dilalui dalam penetapan DTU yakni pendataan, sosialisasi, dan bimbingan metrologi legal terhadap pengguna Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP). Selain itu, lanjut dia, juga harus ada pelayanan tera, pembuatan komitmen dengan stakeholder terkait, pengawasan hasil tera, evaluasi/penilaian, dan peresmian.

Sedangkan penetapan DTU, Ake berujar, ditentukan oleh daerah itu sendiri. Karena menurutnya, petunjuk teknis (juknis) dalam penetapan DTU sudah disampaikan ke pemerintah daerah. Direktorat Metrologi, lanjut dia, hanya melakukan evaluasi.

“Dalam penetapan DTU ini terdiri dari tiga kategori mulai dari memuaskan, cukup memuaskan, dan sangat memuaskan,” terangnya.

Dia meminta, badan usaha milik daerah (BUMD) terus menjalin hubungan dengan Pemkab Tangerang agar dapat memberikan kontribusi penetapan DTU.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesal Rasyid mengatakan, upaya mewujudkan DTU sejatinya bukan hanya tugas pemerintah daerah. Melainkan, kata dia, juga merupakan tanggung jawab dari pengusaha dan stakeholder lainnya.

“Dengan ditetapkannya DTU maka akan terwujudnya perlindungan terhadap konsumen,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindag Kabupaten Tangerang Teddy Suwardi mengutarakan, kegiatan ekspos bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai Kabupaten Tangerang sebagai calon DTU tahun 2019. Dia pun meminta dorongan semua pihak agar Kabupaten Tangerang dapat menjadi DTU.

Teddy menambahkan, suksesnya DTU dapat diraih dari adanya komitmen, pengawasan, dukungan, kerjasama, dan partisipasi pelaku usaha dalam menggunakan UTTP. Oleh karenanya, Teddy memandang perlu ada penandatanganan bersama sebagai bentuk keseriusan komitmen mewujudkan DTU.

“Sehingga dalam evaluasi dan penilaian yang dilakukan Direktorat Metrologi hasilnya memuaskan,” tandasnya.

Kegiatan ekspos itu turut dihadiri Dirut PDAM, Kepala PD Pasar, Pertamina GAS Bitung, Pimpinan PLN, Kantor Pos, PDAM, SPBU, Kepala Bulog, dan unsur pelaku usaha lainnya. (Adv).

Sumber : https://suarabantennews.com/2019/07/02/disperindag-kabupaten-tangerang-ekspos-kesiapan-daerah-tertib-ukur/